Depresi, itulah yang terjadi saat stres demi stres yang melanda semakin berlipat dan menjadi-jadi. Kita bahkan tidak tahu dari mana datan...

Akhiri Depresi dengan Permainan State (Keadaan Diri)

Depresi, itulah yang terjadi saat stres demi stres yang melanda semakin berlipat dan menjadi-jadi. Kita bahkan tidak tahu dari mana datangnya stres yang berujung pada depresi tersebut. Bahkan setiap orang pun tidak mau jika ditawari untuk depresi. Sayangnya hal itu tidak sejalan dengan apa yang terjadi pada kenyataannya.
Banyak orang yang bahkan mengetahui dengan jelas jika stres dan depresi itu tidak baik. Sayangnya mereka melupakannya tatkala masalah demi masalah melandanya. Mereka lupa bagaimana cara untuk pasrah dan ikhlas. Mereka begitu berat mengucapkan maaf atau sebaliknya. Singkatnya, mereka lebih memilih menderita karena depresi dari pada harus merelakan.
Padahal stres dan depresi itu benar-benar menyakitkan. Entah masalah apa yang berhasil membuat mereka terperosok jatuh dilubang yang menyedihkan tersebut. Sakit hati, diputus pacar, perceraian, masalah ekonomi, masalah komunikasi, kegagalan dalam karir, kehancuran usahan atau hal lainnya. Padahal NLP sudah menyediakan obatnya. Sayangnya, tidak semua orang mengetahuinya.
Nah pada saat yang indah ini mari kita ulas tuntas bagaimana NLP dapat mengatasi depresi dengan permainan state (keadaan diri). Kita tidak perlu langsung percaya, mungkin kita perlu mencobanya terlebih dahulu untuk merasakan keampuhannya. Sudah tidak sabar?
Mari kita lihat bagaimana hal tersebut bekerja :
  • Pejamkan mata
Sebenarnya kita dapat memejamkan atau tetap membuka mata. Pilih kondisi yang paling nyaman menurut kita. Biasanya orang-orang merasa lebih nyaman ketika memejamkan mata.
  • Masukkan memori
Masukkan memori penyebab depresi yang tidak menyenangkan. Panggil akar masalah dari depresi yang selama ini mengendalikan kita. Mungkin hal tersebut berupa gambaran ketika kita dipecat dari pekerjaan atau putus dengan pacar.
Nah ketika kita sudah merasakannya dengan cukup jelas, lakukan sesuatu hal yang berbeda. Kita boleh tetap melakukannya dengan memejamkan mata atau dengan membuka mata. Goyangkan tubuh kita, lakukan tarian-tarian ringan, geleng-gelengkan kepala, buat loncatan-loncatan kecil dan berlarilah ditempat beberapa saat.
(Jika kita hampir sama dengan umumnya orang, kita pasti kesulitan mempertahankan kesedihan dari depresi yang baru saja kita rasakan. Artinya kondisi/keadaan kita sudah berbeda)
  • Putus mata rantainya
Putus mata rantainya dengan breaking state dengan cara menyebutkan nomor handphone kita dan jika mampu menyebutkannya dengan urutan dari belakang. Jika kesulitan, hitung mundur dari 15 sampai 0.
  • Ganti dengan state yang nyaman
Sekarang bayangkan jika kita sedang berada ditempat yang paling nyaman dan menyenangkan, mungkin berada di pantai, pengunungan yang sejuk atau suasana alam yang asri. Sekarang coba pertahankan kondisi nyaman yang kita rasakan ini. Sampai berapa lama kita dapat mempertahankannya? Biasanya tidak lama.
  • Buka mata & coba ingat kembali
Sekarang buka mata kita dan coba ingat kembali pengalaman penyebab depresi tadi. Biasanya kita akan cukup sulit untuk mengingatnya kembali. Kalaupun bisa, emosi negatif yang tadinya besar sekarang kita rasakan menjadi semakin berkurang. Nah mulai sekarang kita dapat terus melakukannya lagi dan lagi sampai emosi negatif tersebut hilang. Itu berarti jika kita sudah sembuh.
Sekarang kita sudah mengetahui obat yang mujarab untuk mengakhiri depresi. Bahkan dengan teknik NLP sederhana yang berupa permainan state. Jadi mulai sekarang kita dapat mengaplikasikan teknik ini dalam kehidupan. Akhiri semua depresi yang melanda. Sudah saatnya kita menjadi raja dan pengendali atas emosi dan pikiran kita sendiri. (Iwan D Gunawan)

0 komentar: